create your own banner at mybannermaker.com!

Kamis, 13 Oktober 2011

ARTIKEL TENTANG KOMPUTER


Mengenal lebih jelas tentang komputer

Tidak bisa diingkari bahwa alat-alat yang kita gunakan saat ini menggunakan jasa computer baik secara langsung maupun tidak langsung. Dari alat-alat komunikasi, transportasi, media informasi, mainan anak, alat-alat dapur, makanan bahkan artikel yang anda baca ini.
Mungkin kita tidak tahu atau tidak menyadari bahwa sehari-hari kita telah menggunakan komputer. Hamper semua orang bahkan ibu-ibu dipasar sekarang ini tidak asing lagi dengan barang yang namanya kalkulator. Berkat pesatnya technologi kalkulator sekarang sudah bisa dikemas dalam bentuk yang sangat kecil sehingga bisa dimasukkan didalam saku, bahkan bisa dikemas dalam telepon genggam. Tahukah kita, bahwa ternyata kalkulator adalah computer pertama yang berhasil dibuat oleh Howard Ailen bekerjasama dengan perusahaan IBM Amerika pada tahun 1994. Teori dasar kalkulator ini berasal dari tradisi orang-orang daratan china yang menggunakan sempoa untuk menghitung.
Kemudian pada tahun 1946 DR. John W. Mauchly dari Universitas Pennsylvania berhasil membuat computer elektronik pertama dengan menggunakan 15.000 tabung hampa dan beratnya sekitar 30 ton diletakkan pada tempat seluas 450 m².

Technologi berkembang sangat pesat sehingga sekarang inio aplikasi computer bukan hanya bisa melakukan perhitungan seperti kalkulator tetapi bisa digunakan alat untuk mengetik, menggambar teknik, melukis, mengolah suara dan mengolah gambar bergerak.
Bahkan akhir-akhir ini tehnologi computer muali berubah fungsi menjadi media informasi dan komunikasi antar manusia tanpa mengenal lagi batas wilayah dan Negara.
Dari ringkasan diatas computer didefinisikan sebgai berikut, computer adalah suatu rangkaian elektronik yang saling berkaitan satu dengan yang lain dan berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi untuk mempermudah pekerjaan manusia melalui suatu program aplikasi khusus.
Sebagai contoh untuk menggerakkan robot-robot pada mesn industri operator memberikan instruksi pada robot tersebut melalui komputer sebagai media informasi dan komunikasi dengan menggunakan aplikasi kode-kode robot sehingga para robot tersebut bekerja dengan tepat.
Contoh lain computer sebagai media informasi dan komunikasi adalah tehnologi internet yang berkembang pesat sehingga informasi apapun dengan mudah dapat diketahui masyarakat umum dengan mengakses internet melalui perangkat computer dengan aplikasi web browser.

Komponen computer

Untuk bisa menghasulkan suatu pekerjaan computer tidak bisa menyelesaikan dengan sendirinya. Karena itu diperlukan suatu komponen mata rantai yang saling mendukung.
Komponen-komponen yang dimaksud diatas adalah sebagai berikut :
1.      Perangkat keras computer (Hardware).
Hardware adalah bentuk benda dari sebuah computer.
2.      System operasi computer (operating system)
operating system adalah penerjemah antara manusia dengan computer.
Misalnya : Windows, Machintos, Linux dan lain-lain.
3.      Aplikasi computer (computer application)
computer application adalah alat bantu khusus yang berguna untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Misalnya : Ms.Word untuk mengetik, Ms.Exel untuk menghitung dll.
4.      Pengguna computer (brainware)
Brainware adalah manusia yang mengoprasikan computer sehingga computer bisa melaksanakan dan menyelesaikan suatu pekerjaan.

Pengguna computer 
Pengguna computer dibedakan berdasarkan fungsi kerjanya. Golongan pengguna computer sebagai berikut :
1)      Pemakai murni (operator)
Operator adalah orang yang hanya memakai atau mengoperasikan computer berdasarkan aplikasi yang telah ada, misalkan juru ketik, pembuatan iklan, pembuat film, kasir dan lain-lain.
2)      Pemrogram computer (programmer)
Programmer adalah orang yang membuat aplikasi computer untuk memenuhi kebutuhan operator.
3)      Analis dan desain system (system analyst and design)
system design adalah orang yang merancang sebuah aplikasi computer untuk dibuat programnya oleh Programmer. Sedangkan system analist  adalah orang yang memeriksa sebuah apikasi computer yang telah dibuat oleh Programmer.
4)      Teknisi computer (computer Technician)
computer Technician adalah orang yang merakit, merawat dan memperbaiki computer.

Kesehatan dan keselamatan kerja

Frekuensi pengguna computer yang tinggi dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kelelahan  pada mata, tangan, leher,punggung, lengan dan jari-jari. Bahkan pada frekuensi yang lebih tinggi lagi bisa menyebabkan mata rabun dan penyahkit lainnya.
Untuk menghindari hal-hal tersebut perlu diperhatikan syarat-syarat kesehatan dan keselamatan kerja dalam pengoprasian  computer sebelum menggunakan computer.

Dampak negative dalam pengoprasian computer tersebut diakibatkan oleh :
Ø  Kualitas monitor yang kurang bagus
Ø  Cara  duduk yang kurang tepat
Ø  Cara pengaturan letak perangkat yang kurang tepat
Ø  Pengaturan waktu istirahat yang kurang tepat





Tidak ada komentar:

Posting Komentar