create your own banner at mybannermaker.com!

Senin, 10 Oktober 2011

CARA MENCARI ILMU

"Cara mencari ilmu"
"Mencari ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah", itulah salah satu hadits Nabi Muhammad SAW yang menunjukkan atas kewajiban untuk menuntut ilmu yang pastinya sudah tak asing lagi ditelinga kita ini.
So, kita sebagai umat beliau, pastinya selalu menuntut apa yang didawuhkan beliau. Pastinya kita ingin ilmu yang bermanfaat. gimana cie... cara nya agar kita dapat ilmu yang bermanfaat ???
nie saya kasih tau..
  • Seorang tholib (orang yang mencari ilmu) harus meminta ilmu yang bermanfaat kepada Rabb-Nya. ALLAH telah memerintahkan kepada Nabi Muhammad SAW agar minta ditambahkan ilmu kepadanya. ALLAH berfirman, yang artinya "...........Dan katakanlah, wahai Rabbku, tambahkanlah ilmu kepadaku". ( Thaha 114 ).
  • Salah satu do'a beliau adalah " Ya... ALLAH berilah manfaat ilmu yang engkau ajarkan kepadaku. Ajarkanlah aku sesuatu yang bermanfaat bagiku, dan tambahkan ilmuku".
  • bersungguh-sungguh dan berkeinginan keras dalam mencari ilmu serta dengan mengharap ridha ALLAH SWT, terlebih dalam menuntut ilmu.
Al-Quran dan As-sunnah.
                               Diriwayatkan bahwa seorang laki-laki telah datang kepada abu hurairah & berkata : "Aku ingin belajar ilmu dan aku takut menyia-nyiakannya". "Dan abu hurairah menjawab : "Cukuplah engkau tidak menyia-nyiakannya."
ketika ditanyakan bagaimana cara memperoleh ilmu, sebagian ahli hikmah mengatakan bahwa cara memperoleh ilmu adalah dengan kemauan keras, senang mendengar mencari dan mencarinya mengajarkan kepada yang tidak tahu, jika hal itu dilakukan, berarti kita telah mengetahui sesuatu yang tidak kita ketahui sebelumnya, memelihara sesuatu yang telah kita ketahui. Dalam kaitan ini Imam Syafi'i mengatakan,  " Kamu tidak akan memperoleh ilmu kecuali dengan enam hal : kecerdasan, gemar belajar, sungguh-sungguh, memiliki biaya, bergaul dengan guru, dan diperlukan waktu yang lama."
  • Menjauhi segala maksiat dengan bertaqwa kepada Allah. Hal ini merupakan faktor terpenting untuk memperoleh ilmu. Allah berfirman yang artinya ..... ".... hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan memberimu furqon".
Abdullah bin abbas berasumsi bahwa seseorang melupakan ilmu karena dosa yang dilakukannya. Dalam kaitannya dengan ini Umar bin abdul Aziz mengatakan : " seorang hakim hendaklah mempunyai lima sifat yaitu : Paham, sabar, tidak maksiat, tegas dan menyadari tanggung jawab".
Imam syafi'i pernah mengeluh kepada Imam waki' tentang kesulitannya dalam menghafal kemudian dikatakan kepadanya bahwa ilmu itu cahaya Allah tidak akan memberikan kepada pelaku maksiat.
  • Tidak sombong dan tidak malu dalam mencari ilmu, Aisyah pernah mengatakan," Wanita terbaik adalah wanita Anshor, karena mereka tidak malu bertanya tentang agama".
Sebuah riwayat mengatakan bahwa Umi sulaim pernah berkata pada Rasullullah SAW, " Ya Rasullullah, sesungguhnya Allah tidak malu pada yang hak. Apakah wanita wajib mandi jika mimpi ? Nabi menjawab : " Ya jika meliat Air, seorang Mujaid mengatakan : " Orang malu dan sombong tidak akan mendapatikan ilmu ".
  • Ikhlas dalam mencari ilmu
Rasullulah bersabda : " Barang siapa belajar suatu ilmu yang terkait dengan Allah, tetapi dipelajari untuk keuntungan dunia, maka dia tidak akan mencium harumnya surga pada hari kiamat ". (HR.Abu dawud & Ibnu majah).
  • Mengamalkan ilmu , ilmu tidak menjadi hikmah , kecuali jika diamalkan dengan ikhlas dan berkesinambungan.
Cukup sekian yang bisa saya sampaikan gan, semoga bisa menambah wawasan anda semua pastinya semoga bermanfaat. maaf apabila ada salah dalam ketikannya.,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar