create your own banner at mybannermaker.com!

Senin, 18 Juni 2012

Sejarah Makam Mbah Glinding wesi Gondan rojo Sarang Rembang


MAQOM MBAH M. ARIF DAN MBAH GLINDING WESI


A.      Sekilas Tentang Makam

Sejarah Maqom Mbah M. Arif dan Mbah Glinding Wesi

Mbah M. Arif adalah seorang santri dari blambangan banyuwangi. Dan raja glinding wesi dari majapahit maja kerto jatim. Setelah raja glinding wesi di kerajaan majapahit perang dengan batik madrim, raja glinding wesi kalah, lalu lari di desa gondan rojo dan menjadi raja.
Suatu hari raja glinding wesi berjalan-jalan dengan para prajuritnya di pinggir pantai, yang sekarang di bangun masjid Chilyatul Arifin. Pada saaat itu raja glinding wesi masih beragama islam, beliau melihat M. Arif sholat ashar di tempat yang sekarang di tempati masjid. Ketika M. Arif sujud beliau ditanyaoleh raja glinding wesi, “ hai kamu siapa dan sedang apa kamu ? M. Arif diam tidak menjawab karena masih dalam keadaan sholat, melihat itu raja glinding wesi tidak terima beliau menendang M. Arif dengan kakinya sekuat tenaga, tetapi M. Arif tidak bergerak sedikitpun, melihat itu raja glinding wesi semakin geram dia menyerahkan prajuritnya untuk menyerang M. Arif tapi dengan kuasa Allah ,M. Arif tak bergerak sedikitpun ketika M. Arif telah selesai mengerjakan sholat M. Arif tersenyum.


Nah, pada saat itulah Raja gelinding wesi beserta prajuritnya bersujud minta maaf pada M. Arif beliau juga bersedia masuk Agama islam dan menjadi santri dari M. Arif dan pada saat raja glinding wesi meninggal dia meninggalkan pesan agar di amakamkan didekat M. Arif.

B.     Kebudayaan
-          HAUL MAQOM

Di laksanakan setiap tanggal 20 Rajab dengan mendatangkan kyai sebagai penceramah dan dihadiri ratusan warga baik warga sekitar maupun warga dari daerah lain.

-          UDIK- UDIKAN

Setiap warga yang memiliki Rizqi lebih atau yang berniat pada saat haul membagi-bagikan uang receh kepada anak kecil.


-          PENGARUH EKONOMI
Pada saat haul banyak sekali para pedagang yang berjualan baik makanan maupun benda-benda yang lainnya. Seperti jualan makanan, jualan pernak-pernik islami dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar